28 September 2020

Menuju Semester Tujuh

Judulnya dah bener belum ya, menuju semester tujuh atau emang udah semester tujuh. Meskipun masih satu semster lagi, tapi bagiku ini adalah semester akhir yang harus segera mungkin aku selesaikan. Kok rasanya cepet banget, tau-tau udah masuk semester akhir aja, dan belum mempersiapkan apa-apa. Masih hangat banget di ingatan, bagaimana awal-awal masuk kuliah, bagaimana semester satu kesulitan beradaptasi, bagaimana semester satu kesulitan menyesuaikan diri dengan kondisi ada tanggung jawab lain di tempat kerja. Oh iya, aku seorang karyawan swasta, yang Alhamdulillah bisa kerja dan berkuliah diwaktu bersamaan. Bisa sampai di titik ini Masya Allah banget, semua karena dorongan dan dukungan orang-orang yang begitu menyayangi ku sepenuh hati, dan juga karena kebaikan sang pencipta yang selalu memberi kemudahan dan jalan yang mudah meskipun pada dasarnya banyak kerikil juga. Dan itulah bukti kebesaran-Nya terhadap hambanya.

            Ada hal yang sedang aku pikirkan, yang begitu mengganggu selepas dari semester enam, terkait bagaimana persiapan semester akhirku di era pandemic ini, rencana KKA, rencana proposal, rencana hasil dan pastinya rencana penyusunan skripsi, aku bener-bener enggak tau bagaimana memulainya, aku bener-bener enggak tau bagaimana melakukanya. Memikirkan hal tersebut membuat ku makin frustasi, hahahahaha..... Aku orang baru disituasi ini.

            Sejak semester enam aku sudah mulai memikirkan banyak hal terkait rencana-rencana semester akhirku. Namun, kata sebagian orang, tak akan semudah yang kamu bayangkan dan rencanakan  , aku terlambat jika baru memikirkannya disemester enam, seharusnya disemester lima, atau mungkin seharusnya sejak awal, entahlah mana yang lebih bagus dan tepat dilakukan, toh semua orang yang merasakan diposisi ini ada banyak dengan pengalaman yang berbeda-beda. Namun, aku juga berusahaan untuk tidak begitu tertekan, mengingat kondisi saat ini yang begitu menyedihkan, pandemic belum juga dapat diselesaikan, ditambah lagi pertumbuhan ekonomi yang bisa dibilang saat ini sedang berada di fase buruk, banyak yang tutup, banyak yang di PHK, banyak yang dirumahkan, banyak yang kehilangan tempat mata pencaharian, sebagaian orang besar mengatakan “aman dan masih terkendali” entahlah devinisi aman menurut mereka itu seperti apa. sementara bagi orang kecil seperti kita ini, situasi seperti saat ini lumayan mengganggu pikiran.

Aku yakin kita semua mengalami situasi yang sama, ya walaupun kesulitan-kesulitan dan problemnya berbeda-beda. Tapi aku berharap kita semua tetap semangat dan tetap menjaga kesehatan, demi melindungi sesama dan juga diri kita sendiri. Agar secepatnya kita kembali normal menjalani hidup,kembali gembira dan kembali ceria bercengkrama tanpa mengkawatirkan sesuatu yang buruk terjadi.

            Kita balik kepembahasan, Semester tujuh ini akan menjadi semester yang paling sibuk buat aku, dan kita semua mahasiswa semester akhir, apa lagi kalau kita udah target buat selesai cepat. Nah kayak aku memiliki target untuk menyelesaikan semua ini secepat mungkin, setidaknya sebelum akhir tahun 2021, harus sudah selesai. Dari informasi yang ku dapat tahun depan hanya da dua kali ujian, entahlah, mungkin sama saja dengan yang lainnya. Kesulitan ku saat ini adalah memulainya, namun hal itu tidak begitu harus ku kawatirkan, tapi sebenarnya aku kawatir. Mengumpulkan judul, jurnal, data dll. Tidak semudah itu, rasanya pengen nangis kejer dech. Sejak masuk semester tujuh aku mulai banyak membaca jurnal dan artikel. Dan Saat ini juga aku sedang sibuk mencari artikel-artikel ilmiah menyangkut program study yang aku ambil dan juga mencari referensi untuk menjadi acuan buat skripsi nanti.

            Ini benar-benar rumit guys..... #semangatsemestertujuh #pastibisa #anakkeuangan2017


1 komentar:

TO ME

Hai, Dew...apa kabar ? aku harap kamu baik-baik saja ya. Pada akhirnya kamu sadar menjadi baik saja tidak cukup, menjadi penurut saja tidak ...