9 Februari 2017

History Juventus.Fc


Hallo kali ini aku bakalan nulis tentang sejarah terbentuknya salah satu club bola terbesar di Italy,kenapa aku cerita soal club bola ini ? karena aku suka sama club bola ini. Kalau di tanya apa ke istimewaannya dari club ini,jawabnya  "Banyak" . Salah satu keistimewaannya ada pada warnanya , kenapa? karena buat aku warna "hitam putih" itu warna yang elegan, keistimewaan lainnya ada pada  sejarahnya, ada pada sejarah pemain pemain  hebatnya,  Ya kurang lebihnya seperti itu lah keistimewaann yg membuat aku jatuh cinta. ❤❤❤

Secara umum, Juventus adalah klub tersukses di Italia dengan raihan gelar 40 gelar nasional di Italia, dan salah satu klub tersukses di dunia,  dengan raihan 11 gelar internasional, dengan raihan rekor 9 gelar UEFA dan dua FIFA. menjadikan mereka sebagai klub ketiga yang sukses di Eropa dan juga dunia, dimana semuanya telah diakui secara pasti oleh UEFA dan FIFA, beserta enam konfederasi sepakbola dunia.

Juventus.fc lahir 1 November 1897,ya kurang lebih 120 thn usia nya sekarang .... wowwww dah tua ya si nyonya tua hihihihihihi, yang ku tau juventus dulu memliki 2 nama sebelum akhirnya paten menjadi juventus.fc, yang pertama "Societa Via Port" , terus di ubah lagi menjadi "Societa sportive Massimo D’Azeglio", nah yang terakhir itu "Sport Club Juventus" nama ini lah yang di pakai sampai saat ini karena dengan nama juventus banyak pihak yang suka , kurang lebih seperti itu. Btw laga pertama juventus itu lawan torino yang sama sama dari kota turin, dari aku baca pada saat tahun 1897 bukan angka gol yang menarik perhatian melainkan skill individunya.

Tahun 1900 Juventus masuk dalam daftar liga profesional dan pada musim kompetisi 1904 Juventus masuk final,di tahun 1905 pertama kali Juventus menjuarai kompetisi mengalahkan Milan.Hampir saja sukses untuk kedua kalinya , tapi Juventus malah tidak walk-out di partai final melawan Milan pada tahun 1906. Tahun tahun sulit bagi Juventus pasca chairman dick dan beberapa pemain andalannya memilih meninggalkan club,di perparah lagi kehadiran tim tim tangguh seperti pro vercelli dan casale yang selalu bergantian berada di posisi puncak.
Kompetisi sempat tertunda beberapa tahun akibat perang dunia I yang terjadi di Italia, tahun 1920 Juventus kembali berlaga tapi sayang pada tahun itu dia tidak berhasil memenangkan kompetisi.Pada tahun 1923 pemilik FIAT yang bernama Edoardo Agnelli mengambil ahli Juventus, dia mulia membangun stadion untuk menjadikannya markas bagi Juventus, di tahun 1925 Juventus juga meraih Scudetto ke-2 nya,kalau gak salah waktu itu dia lawan Alba Roma yang sekarang menjadi Roma.fc.

Tahun 1930-1935 nama Juventus semakin di perhitungkan,karena untuk pertama kalinya selama didalam sejarah itali mencatat 1 nama club yang 5 kali berturut-turut mendapat scudetto, seiring waktu berlalu nama kompetisi liga profesional di ubah menjadi Serie A, Juventus semakin berjaya di masa-masa itu mengalahkan beberapa club besar diitaly, sukses Juventus pada saat itu tidak lepas dari peran beberapa pemain hebatnya seperti Luisito Monti,Bertolini,Sernagiotto,Felice Placido, dan beberapa pemain lainnya.Pada tahun berikutnya Juventus berada di keterpurukan, kenapa ? karena pada tahun 1937-1938 juventus haru ihklas berada pada posisi ke-8 , berlanjut di tahun 1940 Juventus harus kembali berada di posisi ke-6 lebih baik di banding tahun sebelumnya.

Pada tahun berikutnya Juventus kembali merai gelar, hanya saja kompetisi pada saat itu harus kembali terhambat karena terjadi perang dunia II. Pada tahun 1944 Laga baru kembali digelar, tapi sayang bukan Juventus yang merai gelar, melainkan rival satu kotanya yaitu torino. Pada tahun 1949 Juventus meraih gelar ke-8 nya berkat kiper Giovanni Viola, bak Bertucelli,Piccini,dan penyerang Vivolo, tak tanggung-tanggung 100 gol di persembahkan.Juventus kembali memburuk pada saat itu karena pemain Martino hijrah ke Argentina. Pada tahun 1952 Gianni Agnelli memutuskan meninggalkan Juventus, dan gak tau apa lagi yang terjadi setelah itu, tapi daring yang ku baca dan dengar juventus kembali kemasa gelap dan terpuruk.Tahun 1957 Juventus meraih gelar ke-10 ,tahun ini juga ada beberapa pemain apik dan bagus ikut andil dalam gelar ini seperti Omar Sivori dan John Charles, sayang di tahun 1959 Juventus harus kembali puas berada di posisi ke-4 saja, melewati beberapa tahun dan Juventus kembali tercatat di scudetto pada tahun 1966.

Tahun 1966 berlalu kubu Juvnetus mulai mungalami perubahan taktik,pemain,pelatih dan manajemen.Tahun 1971 Juventus kembali ke tangga juara, pada waktu itu Juventus memiliki pemain bagus seperti Bettega dan Causio, di tambah lagi dengan adanya pemain legendaris seperti Dino Zoff dan Jose Altafini berkat mereka Juventus memperpanjang gelas juara , sampai gelar ke-15.

Semua gelar yang Juventus raih tidak luput dari berbagai macam rintangan dan halangan sepanjang sejarahnya, seperti yang sudah aku paparkan di atas tadi , keterpurukan dan kesuksesan silih berganti menghampiri dan menerpa. Tapi tidak sampai di situ saja memasuki tahun 2000, tepatnya juli  2006 Juventus di terpa badai scandal yang di sebut scandal calsiopoli, yang mengakibatkan Juventus terdegradasi ke Serie B. Buat aku itu seperti mimpi buruk di dalam mimpi. Bagi Juventus itu benar-benar masa yang sulit, di tambah lagi beberapa pemain banyak yang hengkang namun tak sedikit yan bertahan seperti: Buffon, Del Piero, Trezeguet, Nedved dan Camoranesi. Pelatih Prancis ini juga mempunyai stok pemain muda yang mumpuni dalam diri Paro, Marchisio, Palladino dan Giovinco.
Juventus memulai petualangan pertama mereka di Serie B dengan hasil yang kurang mulus. Hal itu disebabkan lantaran mereka buta akan kekuatan lawan, pun dengan pengurangan 17 poin di awal kompetisi. Baru pada pekan ketiga semua hal itu berubah dimana mereka berturut-turut mengalahkan Crotone, Modena, Piacenza, Treviso, Triestina, Frosinone dan Brescia. Hasil ini membuat mereka beranjak ke posisi teratas dan semakin mendekati zona promosi ke Serie A.

Juventus kembali keSerie A pada tahun 2007, ibaratkan mati suri dan kembali bangkit lalu membalas dendam, Juventus mengamuk di awal musim dengan menggedor gawang Livorno 5-1, menaklukan Cagliari 3-2, menahan AS Roma 2-2, memecundangi Reggina 4-0, menekuk Empoli 3-0, dan menahan imbang juara bertahan Inter Milan (merda) 1-1.Juventus pun kembali ke lajur juara setelah menundukkan AC Milan, Parma, Atlanta, dan Lazio.Memang tak berhasil memuncaki kompetisi, namun berada di posisi ke-3 tentu sudah membuat hati senang, apa lagi Juventus masi dalam masa promosi pada saat itu. Tidak hanya itu saja sih, Juventus juga mampu meraih gelar top skorer melalui kapten , Del Piero yang membukukan 21 gol sepanjang musim. Butuh waktu 6 tahun untuk kembali mendapat scudetto bagi Juventus.

Kurang lebih seperti itulah sejarahnya :)

grazieee :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TO ME

Hai, Dew...apa kabar ? aku harap kamu baik-baik saja ya. Pada akhirnya kamu sadar menjadi baik saja tidak cukup, menjadi penurut saja tidak ...